Selasa, 23 Desember 2014

PK (2014)



 




“Untuk berbohong dibutuhkan bahasa”, begitu alien ini mengatakan kepada Jaggu (Anushka Sharma) bahwa di planetnya tak ada komunikasi, yang ada hanya membaca pikiran satu sama lain. Mungkin ada yang menganggap ini film kental akan sci-fi? Salah besar.

Aamir Khan mengenakan baju yang kekecilan untuk badannya yang berotot, mondar-mandir sana-sini untuk mencari gadget pengendali kapal luar angkasanya yang dicuri, hanya itu nuansa ilmiah yang ada di film ini. Selebihnya kritik tentang bagaimana ketaatan buta beragama.

Film ini banyak mengulas tentang keberadaan Tuhan, tanpa perlu khawatir mengerutkan kening karena disajikan dengan kocak ala komedi Bollywood. Yang aneh di film ini justru judulnya, mengapa bukan “Wrong Number” atau kalimat apalah yang sering disebutkan dalam dialog film.

Selain itu, seharusnya identitas si alien dibuka di pertengahan film saja, tapi kayaknya kalau demikian malah akan jadi seperti film Hollywood yang hobi main tebak-tebakan dengan penontonnya. Satu hal yang perlu digarisbawahi, film ini ternyata menghindari happy ending, dan itu tidak membuat penonton kecewa sama sekali.

.Ujung film, si alien baru diutus untuk mempelajari manusia. Ranbir Kapoor kelihatan bloon di sini, semakin yakin, aktor muda ini akan jadi next King Bollywood nantinya. Di film Barfi! ---yang so sweet itu, dia memerankan sosok kocak, tulus, dan agak sedikit usil, jauh lebih tampan daripada penampakannya di Film PK, ahahahah…

Akankah ini semacam pertanda film PK akan berlanjut, menjadi sekuel?