Selasa, 21 Februari 2012

REKREASI

Saat jenuh kita butuh refreshing, mengunjungi masa lalu, atau membayangkan masa depan pun bagi saya sebuah rekreasi. Menikmati novel, film atau segala kegiatan pewujud fiksi juga merupakan rekreasi. Salah satu cara saya berekreasi dengan menonton video di bawah ini.



Saya takjub tiap kali melihat video di atas. Seperti menonton sebuah karnaval, ada hewan-hewan langka yang berjalan di tengah kita, di samping kita ada beberapa orang yang memakai kostum seolah mereka dari dunia mimpi. Cuplikan di atas adalah potongan film dari I'M NOT THERE, sebuah film terkeren yang pernah saya tonton, plus tak pernah bosan.

GOIN' TO ACAPULCO, dengarkanlah, seperti Anda mendengarkan "LONTEKU" dari Iwan Fals. Yeap, lagu ini menggambarkan sebuah cinta yang ada tapi tak butuh pengakuan, semua orang tak perlu tahu ada rasa itu, rasa yang tenggelam dalam gelap sehingga tak seorangpun perlu merabanya. TODD HAYNES menyelipkan lagu ini ke dalam sebuah acara pemakaman terbuka, kesannya jadi berbeda walau sama-sama gelap.

Adegan awal-awal seorang ibu yang didampingi dua anaknya mengejar pencuri di halaman rumahnya. Itu semacam jadi tanda tanya besar bagi BILLY THE KID (Richard Gere) yang tak punya jawaban bagi dirinya, karena dia pun seorang pencuri. Lalu dia dihadapkan pada penggalangan dana berkedok acara pemakaman, semua orang terharu, tenggelam dalam kesedihannya kecuali dirinya karena dia tahu ini tidak pantas. Sebagaimanapun dirinya, semuanya baginya tidak pantas!

nb : bagi Anda yang tak tahu "betapa betapa betapa" sulitnya mengenal Bob Dylan, dilarang keras menonton film I'M NOT THERE, niscaya membuat Anda pusing! Video di atas hanya cuplikan, tidak menggambarkan keseluruhan :P. Bagi yang tak mengerti, ada dua karakter Dylan yang dihadapkan, JIM JAMES (vocalis) yang menggambarkan Bob Dylan masa 70an dimana dia sering menutupi wajahnya dengan 'topeng putih' sedangkan BILLY THE KID mewakili sosok Dylan tua (90an), dimana dia lebih sering memakai kostum koboy dengan wig yang menutupi rambut keritingnya. Ah, orang iniiiiiiiiiii, suliiiiiiit, kompleks, dia adalah seorang yang kaya akan karakter. Mungkin diapun kesulitan menanggulangi dirinya...