Rabu, 11 November 2009

Untuk NONA SIPUT


Dalam sebuah tidur.

Maaf, aku mengganggu tidurmu dengan menyelinap ke dalam mimpimu. Ini balasan untukmu karena kau telah mengganggu kenyamanan pertemuan kita (kau 'Siput', 'Keong', dan saya 'Badak') tanpa kehadiranmu. Telefon genggammu juga sering tidur, mungkin juga kesadaranmu sering juga kau istirahatkan. Dasar tukang tidur!

Saya malah menyangka-nyangka, kau adalah reinkarnasi dari Putri Tidur. Yang lahir dengan 'kutukan' dari Tuhan, entah itu 'kutukan' baik sekaligus 'kutukan 'buruk', semua makhluk takdirnya demikian. Sampai suatu hari, jarum yang kau pakai merajut rasamu menyasar ke salah satu jarimu. Kau terlalu asik merajut, yang malah jadi cikal bakal jurang bagimu. Beberapa kali mantra "Jangan terlalu dalam menggali rasa karena niscaya lubang itu ternyata untuk mengubur dirimu sendiri nantinya!" dibacakan kepadamu, tapi tak ampuh-ampuh juga. Beginilah akibatnya!

Siput seperti berkata sesuatu, tetapi dia sama sekali tak bersuara

Hahaha, ini hanya mimpimu Siput! Aku yang berkuasa di sini, kau tak bisa mencela-cela cara tertawaku seperti pada makan coto bersama kita beberapa kali. Ayoo bangun! Perjuangkan cita-citamu. Kau bodoh jika menunggu sang pangeran yang membangunkanmu dengan ciumannya. Apa yang kau bisa lakukan dengan 'hanya' tidur?

Saya tahu... Saya tahu... Tidur bagimu lebih nyaman daripada menghadapi kenyataan. Ayolah! Jangan bangun saat matahari sedang mengakak panas menyengatmu. Sambutlah matahari sehingga dia tersenyum hangat padamu di awal pagi karena telah merasa berharga telah ditunggu olehmu. Sinar ajaibnya akan segera tiba setelah bayangan dirimu dengan senyum paling indah terbingkai jendela kamarmu sampai ke matanya. Sinar ajaib itu, semoga bisa menyembuhkanmu! Ayolah bangun...

Saya sangat mengerti, kamu merasa keadaan selalu melenceng dari harapmu. Orang-orang disekitarmu keliru membahagiakanmu. Ayo... bangunlah! Sekitarmu memang tak memahami cara membahagiakanmu, maka bahagiakanlah dirimu sendiri!



*Puuut, jika bertemu dengan rencana rajutan 'cinta'mu yang baru, jangan kaurajut dengan tergesa ya, jangan terlalu semangat. Nanti jarimu tertusuk lagi dan kau memilih untuk lebih baik tidur lagi. Awas ya!