Kamis, 05 Desember 2013

The Boxtrolls (2014) : Insane Stop-Motion



Inilah resolusi picisan saya, tahun depan nonton The Boxtrolls. Tiba-tiba semangat meledak setelah menonton trailernya, takjub! The Penguins of Madagascar rilisnya 2015, Finding Dory setahun kemudian (2016), masih laaaaamaaaaaa...

Iseng-iseng nyari film yang menghiassi tahun 2014, dapat trailer ini. Dari warnanya yang kelam kelihatan animasi ini sepertinya bukan untuk anak-anakm seperti warna yang terdapat di Mary and Max atau seperti yang ditampilkan Corpse Bride khas Tim Burton. Tapi sepertinya saya salah, ceritanya ala anak-anak sekali, ada box-box kosong yang tiba-tiba punya tangan, kepala serta kepala dilengkapi dengan wajah dan telinga menemani seorang anak. Pertama kali lihat kiranya benar-benar animasi, dalam artian gambar manusia atau peralatan digital. Saya mencoba nonton trailernya berkali-kali (sampai download malah), dan coba browsing. Tadinya saya pikir, clay yang dibikin pada awal-awal trailer untuk souvenir dari film ini nanti, saya salah duga!

Setelah ngegoogling, ternyata film ini benar-benar stop-motion, stop motion? Dengan detail gerakan seperti itu? GILA! Stop-motion bisa sekereeen ini???